Pengerajin Pembuatan Relief Kuningan terbaik

Daffiart melayani pembuatan relief kuningan untuk masjid anda. Dengan pengalaman lebih dari 17 Tahun & pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia kami mampu membuat relief kuningan sesuai permintaan & kebutuhan anda.

Contoh Produk Relief Kuningan Daffi Art

Harga Yang Kompetitif

Harga pembuatan yang kompetitif, namun tetap memberikan kualitas yang terbaik

Penawaran yang fleksibel

Informasi & konsultasikan budget pembuatan anda, kami akan memberikan penawaran yang terbaik

Terpercaya & Berpengalaman

Berdiri sejak tahun 2003, Daffi Art telah menangani banyak client dari dalam maupun luar negeri

Dipercaya Perusahaan Besar

Daffi Art Studio telah dipercaya banyak perusahaan besar hingga pemerintahan untuk pengerjaan banyak project tembaga & Kuningan untuk berbagai kebutuhan

Menerima Custom Desain

Menerima Custom Desain sesuai kebutuhan anda

Konsultasi Rancangan Desain

Informasikan desain rancangan anda , kami akan mengerjakan sesuai yang anda butuhkan

Tanpa Minimal Order

Menerima pesanan kerajinan kuningan & tembaga tanpa minimal order, Jumlah Berapapun kami kerjakan.

Pesan berapapun kami layani

Pesan satu buah ataupun banyak? Bisa!

Gratis Ongkos Kirim

Gratis Ongkos Kirim dalam & Luar Negeri

Gratis Ongkos Kirim

Gratis Ongkos Kirim Untuk Pengiriman Dalam & luar Negeri

Pengiriman Ke Seluruh Dunia

Kami akan mengirimkan pesanan anda kedalam maupun keluar negeri / mancanegara.

Pengiriman Barang Menggunakan Kargo

Barang akan dikirim melalui kargo darat, udara ataupun laut

Cara Pemesanan Relief Kuningan

Untuk Melakukan pemesanan pembuatan relief kuningan di Daffi Art, Silahkan Hubungi Kami melalui salah satu Kontak disamping Ini :

Client Daffi Art Studio

Client yang mempercayakan project pembuatan tembaga & kuningan kepada kami

Kerajinan Relief Kuningan Terbaru

Sebuah karya memberikan nilai seni yang berbeda dari setiap bentuk karya yang telah dibuat. Macam-macam kerajinan yang kini dibuat sangat beragam. Salah satu dari sekian banyak bentuk kerajinan adalah relief. Ingat, relief di sini yang dimaksud adalah sebuah karya kerajinan buatan manusia yang dapat ditiru dan berkembang setiap waktunya, bukan relief alami seperti gunung, danau dan lain-lain. Dan umumnya, kerajinan relief merupakan sebuah seni pahat yang kemudian mengalami perkembangan menjadi ukiran 3 dimensi yang dibuat di atas batu. Bentuk-bentuk ukiran relief bisa Anda temui pada bangunan bersejarah seperti candi, kuil, monumen dan kawasan bersejarah kuno lainnya. Di Indonesia, candi Borobudur dan Prambanan adalah salah satu contoh bentuk relief yang memiliki nilai-nilai filosofis di dalamnya.

Sekarang, Anda tidak hanya akan menemukan relief di atas batu. Relief bukan berarti barang jadul dan sudah lama. Nyatanya relief merupakan sebuah kerajinan seni yang mengalami perkembangan, baik pembuatan hingga motif yang dibuat. Ada juga relief modern dengan gaya arsitektur baru. Material yang digunakan tidak hanya di atas batu, tetapi Anda juga bisa menggunakan tembaga, kuningan atau alumunium. Dan relief dari kuningan adalah salah satu pilihan material yang bagus buat Anda.

Kelebihan Relief dari Kuningan

Tembaga, kuningan dan alumunium merupakan material yang paling umum digunakan untuk membuat sebuah kerajinan dan kesenian yang bernilai seni tinggi. Jika membuat relief kuningan dengan finishing warna apapun bahkan yang mengkilap sekalipun, Anda sudah tidak perlu melakukan perawatan lebih. Pada dasarnya, kerajinan kuningan sama seperti tembaga yang diproduksi secara bebas perawatan kecuali jika tidak ditambah finishing coating. Tujuan dari Finishing Coating adalah untuk menjaga warna agar tidak mudah berubah dan tahan terhadap perubahan cuaca. Dengan begitu, produk relief akan cocok untuk indoor dan outdoor.

Kerajinan seperti relief yang terbuat tembaga, kuningan maupun alumunium yang telah di-finishing dapat menjaga kualitas warna produk meskipun relief tersebut digunakan sebagai tempat air, seperti air mancur, bathtub, vas, gentong, guci, wastafel dan lain-lain. Meskipun Anda menggunakan detergen, keindahan pada warna kuningan tetap terjaga meskipun diletakkan di luar ruangan, seperti patung, pintu masjid, kubah masjid, kaligrafi dan juga air mancur.

Untuk menjaga kualitas warna dari kerajinan kuningan, Anda harus menghindarkan produk terkena air garam dan zat asam. Karena, jika terkena unsur-unsur kimia tersebut secara terus-menerus dan lama maka akan merusak lapisan coating dan merubah warna kuningan. Jika terjadi, biasanya warna produk dari kuningan akan berubah warna ke warna hijau antik. Dengan kelebihan tersebut, Anda bisa memastikan beragam kerajinan logam seperti relief kuningan memiliki nilai positif dari proses oksidasi alami yang terjadi. Sehingga kuningan tidak akan rusak dan hancur.

Antara tembaga dan kuningan sebenarnya lebih mahal tembaga. Tetapi hal ini jika kita hitung nilai bahan bakunya. Tetapi untuk proses pembuatan relief, kuningan menjadi material yang lebih sulit dibuat dibandingkan tembaga karena teksturnya yang lebih keras. Sehingga pada akhirnya, harga relief kuningan dan tembaga memiliki harga yang sama. Dan tentu saja, kualitas dari keduanya sama-sama terbaik untuk menghias dan memperindah bangunan milik Anda.

Jenis-Jenis Relief

Setiap relief itu bercerita. Tentang apa? Anda bisa tahu maksud dan arti dari sebuah relief dengan melihat bentuk, motif atau gambar dari relief tersebut. Semisalnya saja pada candi Borobudur, di situ bisa tercermin soal sejarah dan ajaran-ajaran agama Buddha. Di candi Prambanan pun bisa ditemukan ajaran agama Hindu. Dari setiap relief di bangunan yang berbeda, seringkali akan kita jumpai jenis relief yang berbeda. Ya, ada beberapa macam model relief kuningan. Dan berikut ini adalah beberapa jenis relief yang perlu Anda ketahui.

1. Relief tinggi

Relief tinggi adalah jenis relief yang memiliki ukiran lebih menonjol keluar dengan kedalaman ukiran berdimensi 50 persen lebih. Pada jenis relief ini, relief hampir menampilkan seni patung utuh yang menempel di dasar permukaan dinding. Contoh relief tinggi adalah relief dewata Lokapala pada candi Prambanan.

2. Relief rendah

Berbeda dengan jenis relief tinggi, relief rendah memiliki ciri ukiran yang sedikit menonjol dari dasar permukaan dinding. Tonjolan ukirannya bervariasi dan biasanya hanya kurang dari 50 persen dari kedalaman dimensi ukiran. Contoh dari relief rendah adalah relief candi Borobudur.

3. Relief dangkal

Relief dangkal memiliki kedalaman dimensi ukiran yang lebih dangkal dibandingkan relief rendah. Umumnya, ukiran relief dangkal hanya berupa guratan-guratan tipis yang memiliki fungsi untuk menghilangkan material latarnya.

4. Relief tenggelam

Relief tenggelam adalah jenis relief di mana latar permukaan dinding dibiarkan utuh dan rata, sementara ukiran figur digambarkan tenggelam dicukil dalam permukaan dinding. Jenis relief seperti ini umumnya ada di kesenian Mesir kuno.

Jenis-Jenis Kuningan untuk Kerajinan

Berbeda dengan tembaga, kuningan merupakan material campuran yang mengandung tembaga dan seng. Sehingga kualitas kuningan bisa berubah-ubah tergantung kadar tembaga dan seng yang terkandung pada kuningan. Nah, agar Anda mendapatkan produk relief terbaik maka tidak ada salahnya untuk mengetahui jenis-jenis kuningan dalam pembuatan kerajinan ukir relief. Adapun jenis-jenis kuningan antara lain:

1. Kuningan Admiralty


Kuningan ini merupakan jenis kuningan yang mengandung 30% seng dan 1,5% timah.

2. Kuningan Aich.

Kuningan ini mengandung 60,66% tembaga, 36,58% seng, 1,01% timah, dan 1,74% besi. Jenis ini tahan korosi, awet dan tangguh.

3. Kuningan Alpha.

Jenis ini memiliki kandungan seng kurang dari 35%. Sangat baik untuk dibuat untuk kondisi dingin.

4. Kuningan Alpha-beta atau kuningan dupleks

adalah jenis kuningan yang mengandung 35-45% seng dan bekerja baik di suhu panas.

5. Kuningan Aluminium

adalah jenis kuningan yang mengandung alumunium yang tahan tehadap korosi dan anti karat.

6. Kuningan umum

atau biasa juga disebut sebagai kuningan paku keling merupakan jenis kuningan yang mengandung 37% seng. Jenis kuningan ini memiliki harga yang murah, tetapi sangat baik untuk dijadikan material pembuatan kerajinan ukir karena memiliki ketahanan terhadap suhu dingin.

7. Kuningan Putih.

Jenis kuningan ini mengandung seng lebih dari 50%. Sifatnya sangat rapuh untuk penggunaan umum. Sehingga kurang cocok untuk dijadikan material relief kuningan.

8. Kuningan Kuning.

Jenis kuningan ini adalah istilah yang digunakan di Amerika untuk kuningan yang mengandung 33% seng.

Jadi, tidak semua jenis kuningan akan cocok dijadikan material pembuatan kerajinan ukir seperti relief. Hanya beberapa jenis kuningan saja yang cocok untuk membuat sebuah kerajinan ukir yang indah, awet dan tahan lama. Karena kerajinan ukir membutuhkan material yang kuat, tahan suhu, tahan korosi dan awet warnanya. Sehingga Anda harus cermat dalam memilih material kuningan yang akan digunakan untuk membuat relief. Anda bisa membuat beragam kerajinan ukir relief kuningan dengan berbagai model, desian, motif dan harga yang bersahabat.