Pengerajin pembuatan kaligrafi kuningan terbaik

Daffiart melayani pembuatan kaligrafi kuningan untuk masjid anda. Dengan pengalaman lebih dari 17 Tahun & pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia kami mampu membuat kaligrafi kuningan sesuai permintaan & kebutuhan anda.

Contoh Produk Kaligrafi Kuningan Daffi Art

Harga Yang Kompetitif

Harga pembuatan yang kompetitif, namun tetap memberikan kualitas yang terbaik

Penawaran yang fleksibel

Informasi & konsultasikan budget pembuatan anda, kami akan memberikan penawaran yang terbaik

Terpercaya & Berpengalaman

Berdiri sejak tahun 2003, Daffi Art telah menangani banyak client dari dalam maupun luar negeri

Dipercaya Perusahaan Besar

Daffi Art Studio telah dipercaya banyak perusahaan besar hingga pemerintahan untuk pengerjaan banyak project tembaga & Kuningan untuk berbagai kebutuhan

Menerima Custom Desain

Menerima Custom Desain sesuai kebutuhan anda

Konsultasi Rancangan Desain

Informasikan desain rancangan anda , kami akan mengerjakan sesuai yang anda butuhkan

Tanpa Minimal Order

Menerima pesanan kerajinan kuningan & tembaga tanpa minimal order, Jumlah Berapapun kami kerjakan.

Pesan berapapun kami layani

Pesan satu buah ataupun banyak? Bisa!

Gratis Ongkos Kirim

Gratis Ongkos Kirim dalam & Luar Negeri

Gratis Ongkos Kirim

Gratis Ongkos Kirim Untuk Pengiriman Dalam & luar Negeri

Pengiriman Ke Seluruh Dunia

Kami akan mengirimkan pesanan anda kedalam maupun keluar negeri / mancanegara.

Pengiriman Barang Menggunakan Kargo

Barang akan dikirim melalui kargo darat, udara ataupun laut

Cara Pemesanan Kaligrafi Kuningan

Untuk Melakukan pemesanan pembuatan kaligrafi kuningan di Daffi Art, Silahkan Hubungi Kami melalui salah satu Kontak disamping Ini :

Client Daffi Art Studio

Client yang mempercayakan project pembuatan tembaga & kuningan kepada kami

Kerajinan Ukir Kaligrafi Kuningan

Ada banyak jenis kesenian dan prakarya yang bisa Anda buat. Kerajinan dengan desain klasik dan khas pun bisa buat sendiri. Kaligrafi adalah salah satunya. Kaligrafi adalah seni melukis, menulis sekaligus menggambar indah. Butuh keahlian khusus untuk menghasilkan kaligrafi indah. Anda membutuhkan latihan karena kaligrafi tidak dibuat dengan sembarangan. Ada aturannya sendiri dalam membuat kaligrafi. Dan sampai saat ini, kalgrafi masih sangat diminati oleh masyarakat luas. Bahkan jumlah peminat dan penggiat kaligrafi semakin besar.

Beberapa kompetisi kaligrafi dari tingkat lokal hingga internasional menghasilkan kaligrafi yang sangat bervariasi dan menarik. Pesertanya sangat banyak yang datang dari seluruh penjuru dunia. Jumlah hadiah yang bisa didapatkan pun tidak kecil. Dan tidak terlupakan lagi banyak di antara karya lomba kaligrafi yang indah dan berkelas. Media kaligrafi yang digunakan pun beragam. Salah satunya adalah kuningan. Anda bisa membuat kaligrafi kuningan yang populer dengan beragam model kaligrafi.

Kuningan menjadi media yang banyak digunakan untuk membuat kaligrafi. Tetapi perlu diingat bahwa kaligrafi dari kuningan adalah jenis kaligrafi yang menggunakan teknik ukiran. Ya, di sini Anda tidak melukis menggunakan pena atau kuas, melainkan menggunakan alat ukir. Biasanya kaligrafi kuningan biasa dibuat untuk membuat peralatan hias. Misalnya ada guci, hiasan dinding, pintu, jendela dan lain sebagainya.

Beragam kerajinan banyak terbuat dari kuningan sebagai materialnya. Kaligrafi kuningan terbaru pun bisa Anda dapatkan dengan mudah dan harga yang beragam. Jenis kaligrafi yang diterapkan pada kerajinan pun berbeda-beda. Ada kaligrafi Jawa, kaligrafi Sunda, kaligrafi Cina, kaligrafi Arab dan lain-lain. Nah pada kaligrafi Arab, ada 7 jenis kaligrafi yang paling dasar dan paling umum digunakan. Ketujuh jenis kaligrafi tersebut adalah kaligrafi atau khot nasakh / naskhi, diwani, diwani jali, tsulus, farissi, kufi dan riq’ah. Ketujuh khot kaligrafi arab tersebut paling sering diterapkan di berbagai kerajinan kaligrafi.

Kaligrafi Kuningan Arab

Kaligrafi arab dengan material kuningan banyak juga diaplikasikan pada interior masjid. Pada pintu masjid, jendela masjid, kubah masjid, jendela masjid, hingga hiasan lain untuk menambah keindahkan masjid sering diterapkan. Saat masuk ke dalam masjid, Anda mungkin akan sering melihat dinding-dinding masjid yang terdapat ukiran kaligrafi masjid. Jika bukan dibuat dengan cara lukis, maka biasanya kaligrafi tersebut terbuat dari tembaga ataupun kuningan. Tidak sedikit masjid yang menerapkan kaligrafi kuningan pintu ka’bah pada pintu masjidnya. Ya, beberapa masjid di Indonesia mengadopsi gaya arsitektur arab. Salah satunya pintu masjid ka’bah, pintu masjid nabawi dan lain-lain. Selain menampilkan kesan mewah dan elegan, hal ini bisa dijadikan sebagai pengingat untuk segera berkunjung ke masjid haramain.

Selain menerapkan desain kaligrafi pintu masjid nabawi dan ka’bah, Anda juga bisa menemukan beberapa desain kaligrafi asmaul husna dari kuningan. Dan yang tidak terlupakan dan sangat khas di beberapa masjid adalah kaligrafi kuningan ayat kursi. Kaligrafi yang bertuliskan ayat kursi biasanya berada di dinding-dinding masjid. Kaligrafi berukir ayat kursi dari kuningan ini mengelilingi ruangan masjid. Kaligrafi berukir ayat kursi juga biasa diterapkan di dinding mimbar atau peng-imaman. Ukiran dan warna kaligrafi dari kuningan sangat khas.

Kelebihan Kaligrafi dari Kuningan

Sebagai bahan pembuatan kaligrafi, kuningan memiliki beberapa keunggulan. Kaligrafi kuningan memiliki desain yang indah. Dengan ukiran yang beragam dan warna kuningan yang mewah, maka akan membuat banyak jamaah terpukau. Kaligrafi masjid yang terbuat dari kuningan awet dan tahan lama. Kuningan juga anti karat. Selain itu, warna kaligrafi dari kuningan tidak akan mudah terkelupas. Warna paling umum yang didapatkan dari kuningan adalah kuning keemasan yang mengkilap dan tampak mewah. Ukuran hiasan ukir kaligrafi ini sangat beragam. Semuanya bisa disesuaikan dengan bagian masjid mana yang bakal dipasang.

Selain awet, tahan lama dan anti karat, kuningan juga memberikan pengaruh yang besar untuk menambah keindahan masjid. Perawatan pada hiasan kaligrafi yang berbahan kuningan lebih mudah. Kuningan juga baik dalam menangani perubahan suhu.

Perbedaan Kaligrafi dari Kuningan dan Tembaga

Anda tahu, tembaga adalah material yang sama seringnya digunakan seperti kuningan dalam pembuatan kaligrafi. Selain harganya yang sama-sama terjangkau, kualitas dari dua mtaerial tersebut juga sama baiknya. Meskipun begitu, ada beberapa perbedaan yang cukup jelas di antara kedua material tersebut. Dengan mengetahui perbedaan antara kedua material, maka Anda bisa tahu mana kaligrafi tembaga dan kuningan yang asli. Untuk membedakan mana kaligrafi tembaga dan kuningan, ada beberapa ciri yang bisa Anda ketahui seperti berikut ini:

1. Warna

Antara tembaga dan kuningan, perbedaan warnanya cukup jelas. Untuk tembaga, warna yang dimiliki adalah cokelat kemerah-merahan adan agak kuning. Sementara untuk material kuningan, warnanya kuning tua, kuning cokelat, kehijauan, jingga dan bahkan keemasan. Warna kaligrafi kuningan sangat dipengaruhi oleh materialnya. Kuningan adalah campuran dari tembaga dan seng. Jika komposisi tembaga dan seng terkandung di dalam kuningan berbeda, maka warna yang dihasilkan pun bisa berbeda. Untuk itu, cermatilah kandungan kuningan dengan pemililihan yang cermat untuk kerajinan kaligrafi.

2. Daya tarik magnet

Soal daya tarik magnet, tembaga memiliki tingkat daya tarik magnet yang tinggi. Jika Anda mendekatkan tembaga dengan magnet, maka tembaga akan menempel. Hal ini karena tembaga adalah logam tanpa campuran. Berbeda dengan kuningan yang sulit untuk bereaksi terhadap magnet karena terbuat dari campuran tembaga dan seng.

3. Bunyi

Soal bunyi, tembaga akan berbunyi penuh dan teredam. Sementara pada kuningan, bunyinya akan nyaring dan jernih. Untuk mengecek apakah kaligrafi masjid terbuat dari tembaga atau kuningan, coba pukul untu mengetahuinya.

4. Cap

Tembaga adalah logam murni tanpa campuran yang tidak menghasilkan cap. Berbeda dengan kuningan yang merupakan campuran antara tembaga dan seng. Dan kuningan memiliki cap yang menunjukkan campuran di dalamnya. Cap kuningan bisa beragam tergantung kadar tembaga dan seng yang ada di kuningan.

5. Tekstur

Tekstur dari tembaga dan kuningan mudah untuk diketahui. Tekstur yang ada pada tembaga lebih lunak sehingga mudah untuk dibentuk. Sedangkan kuningan memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan tembaga. Sehingga kegiatan mengukir kaligrafi pada kuningan butuh tenaga lebih besar. Tetapi, setiap material memiliki keunggulannya sendiri. Meskipun kuningan memiliki tesktur yang lebih keras, justru tekstur inilah yang menjadi kelebihan dari kuningan.

Anda bisa cek dan melihat gambar kaligrafi kuningan terlebih dahulu sebagai referensi mendapatkan kaligrafi kuningan terbaik. Tidak hanya itu, dengan melihat gambar kaligrafi yang cocok untuk dipasang di masjid nanti, maka akan semakin nyaman pula saat melakukan pemesanan. Anda bisa mengatur pembuatan dengan model, desain dan penempatan yang sesuai. Dengan begitu, masjid yang Anda pasang dengan hiasan kaligrafi baik untuk pintu, jendela dan dinding masjid bisa menambah kesan indah dan religius di dalamnya.